14 Mar 2022

POPDA Jadi Barometer Keberhasilan Atlet Pelajar

Yogyakarta (14/03/2022) jogjaprov.go.id - Keberhasilan pembinaan olahraga dapat dipantau dari prestasi yang dicapai pada suatu kejuaraan. Untuk itu, penyelenggaraan POPDA DIY 2022 dapat menjadi barometer untuk mengukur keberhasilan atlet pelajar DIY.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY Tahun 2022, Senin (14/03). Bertempat di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Sri Paduka mengatakan, POPDA DIY 2022 merupakan momentum yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para atlet, pelatih, ofisial serta tim pendukung lainnya untuk mengukur keberhasilan pembinaan.

“Betapapun bagusnya program latihan yang diterapkan, namun jika dalam kejuaraan tidak dapat mencatat suatu prestasi, maka pembinaan belumlah dapat dikatakan berhasil. Hanya dengan keuletan dan kerja keras maka prestasi gemilang olahraga akan dapat kita wujudkan,” ungkap Sri Paduka.

Mewakili Gubernur DIY, Sri Paduka pun berpesan agar para peserta POPDA DIY 2022 bisa menorehkan prestasi terbaiknya dengan menjaga nama baik Kabupaten/Kota yang diwakili. Dan sesuai dengan jiwa yang terkandung di dalam olahraga yaitu sportivitas, diharapkan para atlet pelajar dapat selalu menjunjung tinggi nilai sportivitas.

“Selalu jaga kesehatan, jaga kekompakan, maka saudara sekalian dapat mempersembahkan yang terbaik,” imbuh Sri Paduka.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Didik Wardaya mengatakan, penyelenggaraan POPDA DIY 2022 memiliki beberapa maksud dan tujuan. Di antaranya, untuk mengukur pencapaian dan pembinaan prestasi olahraga para atlet pelajar DIY, guna mencetak dan melahirkan calon-calon atlet berbakat terbaik di kalangan pelajar di DIY, serta menjadi momentum meningkatkan motivasi belajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar. Selanjutnya, menjadi salah satu ajang seleksi untuk event pra POPNAS dan POPNAS,” imbuhnya.

Didik menambahkan, peserta POPDA DIY 2022 adalah para pelajar yang berasal dari sekolah negeri maupun swasta dan mewakili masing-masing Kabupaten/Kota. Total atlet pelajar yang akan berlaga di POPDA DIY 2022 ini mencapai 1.740 atlet, dengan waktu penyelenggaraan 14-18 Maret 2022.

“POPDA DIY 2022 ini mempertandingkan 29 cabang olahraga, di antaranya anggar, angkat besi, atletik, balap sepeda, bola basket, bola voli, bulutangkis, catur, gulat, judo, karate, kempo, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepatu roda, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, tinju, dan voli pasir,” paparnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: