23 Mei 2023

Potensi Kerajinan DIY Menuju Tingkat Dunia

Yogyakarta (23/05/2023) jogjaprov.go.id – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dilaksanakan dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan tahunan dekranasda dalam menyusun jadwal program kegiatan. Dekranas merupakan lembaga independen dan nirlaba sebagai wadah penghimpun para pemangku kepentingan di bidang seni kerajinan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra Pemerintah Daerah.

Dalam rangka mewujudkan amanah anggaran tetap dan rumah tangga, Dewan kerajinan nasional selalu berkomitmen untuk terus berupaya mengembangkan kerajinan dengan segala keterbatasan yang ada, terutama dalam keterbatasan dana dengan menjalin Kerjasama dengan pihak lain.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dekranasda DIY, GKBRay Paku Alam dalam pembukaan Rakerda Dekranasda Daerha Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 pada Selasa (23/05) di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta. Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah tersebut sesuai dengan dasar hukum, yang dilaksanakan minimal satu kali dalam 5 tahun.

Disampaikan pula bahwa terdapat 4 hal yang perlu dilakukan agar berbagai program pembinaan dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi seni dan kerajinan dapat terlaksana dengan baik,  kemudian dapat membangun kerajinan sebagai gerakan perubahan dan pembaharuan menuju lebih baik dengan cita cita dari Jogja untuk Indonesia dan dunia.

“4 hal diantaranya yaitu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, mendorong semangat berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan aneka produk seni batik, bekerjasama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) serta instansi terkait di DIY  maupun tingkat nasional seperti BUMN, kementerian, dan dalam memaknai status kota Jogja sebagai kota batik dunia sudah saatnya kita lakukan evaluasi apakah kegiatan yang kita lakukan dalam bentuk Jogja Internasional Batik Biennale (JIBB) yang sudah berdampak positif bagi para pengrajin batik di DIY,” ucap Gusti Putri.

Pada acara yang dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia dan perbankan di DIY, para pimpinan OPD Pemda DIY, Pengurus Dekranas kab/kota se DIY dan pihak sponsor ini, Gusti Putri berpesan kepada pengurus Dekranasda DIY yang baru dilantik, agar secara administratif harus lebih meningkatkan kinerjanya dalam berkoordinasi, bersinergi dan berintegrasi dengan semua komponen atau pemangku kepentingan. Selain itu diperlukan pula kesungguhan dan ketekunan untuk dapat mewujudkan dan memajukan potensi kerajinan di DIY.

“Semoga rencana dan program-program yang diajukan berdasarkan hasil diskusi oleh masing-masing bidang yang ada di Dekranas DIY bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Selain itu juga acara ini akan menjadi momentum yang baik untuk kita mengangkat DIY melalui dekranasda DIY,” tutupnya.(Rd/Dp/Aga)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: