13 Agt 2023

Presiden RI Joko Widodo Anugrahkan Satya Lencana Wira Karya Kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.

SURAKARTA(12/08/2023)jogjaprov.go.id – Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional Tahun 2023, Presiden RI Joko Widodo menganugerahkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku alam X, yang penyematannya di lakukan oleh Menteri Koperasi DIY Teten Masduki sore petang tadi (Sabtu,12/08) di Pamedan Mangkunegaran Surakarta/Panggung UMKM Expo Halaman Kraton Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah.
Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 56 /PK Tahun 2023 tentang Penghargaan Kehormatan Satya Lencana Wira Karya, bahwa tanda kehormatan penghargaan ini diberikan atas jasa-jasanya dalam memberikan dharma bhaktinya yang besar kepada Negara dan Bangsa Indonesia sehingga bisa dijadikan teladan bagi orang lain. Tanda kehormatan ini juga diberikan kepada 5 tokoh lainnya yang berjasa dalam pengembangan koperasi dan UMKM.


Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam arahannya menyampaikan apresiasinya dengan adanya berbagai program yang diluncurkan Kementerian koperasi dan UKM, diharapkan UMKM kita segera bisa naik kelas bekerjsama denga Goegle, Youtube dan sebagainya sekaligus mempercepat Evolusi UMKM Indonesia, dari UMKM yang tidak produktif, UMKM berteknologi rendah menjadi lebih prduktif dan juga mulai mengembangkan produk-produk berbassis kreatifitas dan berinovasi teknologi.


Menurut Teten, potensi digital Indonesia sekita tiga ribu empat ratus trilyun rupiah pada tahun 2030, ini harus kita manfaatkan untuk produk-produk lokal terutama produk UMKM. Karena sampai hari ini sebanyak 22 juta UMKM kita sudah terhubung ke ekosistem digital. Jumlah tersebut 34% dari keseluruhan UKM Kita. Sedangkan targetnya 30 juta UMKM terhubung ke ekosistem Ddgital pada Tahun 2024. Menteri Koperasi juga menyampaikan bahwa Pemerintah secara terus menerus mendorong untuk bisa memastikan tercipta equal playing field bagi produk dalam negeri ke dalam ekosistem digital.
Penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya kepada 5 Tokoh Koperasi UMKM ini ditandai dengan penyematan Tanda Kehormatan berupa PIN Emas kepada 5 tokoh UMKM ini disaksikan paara Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/ Walikota yang diundang dalam kesempatan itu termasuk Gubernur Jateng dan Walikota Solo serta tamu undangan.
Turut menyambut memeriahkan dan mengawali rangkaian penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana wira Karya tersebut Tari Gambyong persembahan dari Dinas Kebudayaan dan Pariiwisata Surakarta dan Band Batas Senja dari Lampung Kolaborasi dengan Penari dari Solo.


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY,  Ir.Srie Nurkyatsiwi, M.M.A, seusai penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya ketika dikonfirmasi apa yang melatarbelakangi Wakil Gubernur DIY mendapatkan penghargaan tersebut, menjelaskan bahwa KGPAA Paku Alam X berhasil membina Koperasi Abdi Dalem Pakualaman Yogyokarta yang diberi nama Koperasi Sekar Kepel Wangi. Beliau selain sebagai inisiator terbentuknya koperasi juga selaku pembina Koperasi tersebut hingga berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh para abdidalem dan keluarganya.
Disampaikan pula bahwa KGPAA Paku Alam X juga menjadi pencetus dibentuknya koperasi pedagang buah di pasar Gamping, dari merintis hingga menjadi besar seperti ini yaitu Koperasi pasar buah Gemah Ripah, Gamping. Berawal dari pedagang buah tidak punya tempat berjualan, sampai saat ini punya tempat sendiri bahkan memiliki koperasi dan memberikan banyak manfaat bagi anggotanya. KGPAA Paku Alam X juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan dan kemajuan koperasi-koperasi umum lainnya di DIY .(kr/her/ind)


Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: