03 Jun 2012
  Humas Berita,

Profil Sangat Diperlukan Di Kelurahan Kricak

Profil Sangat Diperlukan Di Kelurahan Kricak

YOGYAKARTA (31/05/2012) pemda-diy.go.id Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo salah satu Kalurahan Wakil Lomba Desa Tingkat Kota Yogyakarta menyisihkan 16 Kelurahan lainnya dan maju Lomba ke Tingkat Provinsi DIY. DanKamis kemarin (31/5) oleh di kunjungi TimPenilai Provinsi DIY yang dipimpinKepala Biro Hukum Setda Provinsi DIY, Moedji Rahardjo, SH,M Hum.

Kricak yang dikenal dengan industri rumah berupa jajanan pasar, pada kesempatan tersebut tidak ketinggalan pula turut serta menyambutnya dengan menyediakan 30 aneka jajanan pasar yang siap dinikmati oleh rombongan maupun tamu undangan.

Dalam kesempatan menyambut Tim Penilai/ecaluasi ,Wali Kota Yogyakarta yang diwakili Asisten Pemerintahan Kota Yogyakarta, Drs. Ahmad Fadli,MM memaparkanbahwa dengan perlombaaan ini dapat memiliki makna untuk dapat meningkatkan kinerja maupun partisipasi masyarakat di kelurahan Kricak. Ditanya oleh Asisten, masyarakat Kricak dengan antusias dan semangatnya kompak menjawab, sangat siap untuk maju ke tingkat nasional.

Pimpinan rombongan, Moedji Rahardjo membacakan sambutan tertulis Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain mengemukakan, kalurahan yang sudah terpilih di tingkat Kota Yogyakarta, memiliki kelebihan dan keunggulan dibanding kalurahan lainnya. Maka kalurahan harus benar-benar memperhatikan aspirasi masyarakat dalam berbagai hal, dan terus mempertahankan kinerjanya pada tahun mendatang.

Dalam hal ini pula, daya saing dengan kalurahan yang lain tetap diperlukan. Tersedianya dokumentasi administrasi yang baik, tertib, lengkap dan kejujuran informasi sangat dibutuhkan, tandas Sultan seraya berharap kalurahan dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan lembaga masyarakat, pemuda, dan keagamaan, dalam setiap program kegiatannya.

Pada kesempatan yang sama Lurah Kricak, Singgih Sadwa Jatmika memaparkan 8 indikator yang ada antara lain bidang pendidikan, kesehatan, dan perekonomian. Bidang pendidikan baik formal dan non formal meningkat di beberapa dari tahun 2010 hingga 2012 mengalami peningkatan. Banyak industri rumah tangga ada di kelurahan Kricak untuk mendukung ekonomi keluarga dengan pembuatan jajan pasarnya. Adapun di bidang keamanan dan ketertiban setiap tahunnya semakin surut hal ini dibuktiokan dengan semakin berkurangnya kejadian yang meresahkan masyarakat. Budaya kerja yang dijalankan adalah salam, seyum dan santun yang dikembangkan di kelurahan kricak selalu diberikan dalam memberikan layanannya kepada masyarakat. Kelembagaan yang ada sangat sinergis untuk memberdayakan partisipasi masyarakat. Banyak seni budaya yang ada berkembang di kelurahan ini dan sangat diperhatikan pelestariannya, seperti jatilan, karawitan dan lain sebaginya.

Setelah tim menyusuri jalan utama di Kelurahan Kricak untuk melihat potensi maupun simulasi penanganan keamanan dan ketertiban di beberapa titik, akhirnya disimpulkan ada beberapa point penilaian yang disampaikan. Kesan pesan tim verifikasi disampaikan oleh Drs. Bayu Haryono, Msi, yang juga merupakan Kepala Bagian Otonomi Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi DIY. Dalam kesempatan itu, Bayu Haryono mengemukakan bahwa, mulai dari partisipasi, pemberdayaan dan kelembagaan sangat luar biasa, yaitu bagaimana sambungnya pemerintahan kelurahan dengan apa yang terjadi di masyarakat. Bayu lebih lanjut menegaskan, antara yang beberapa yang ditampilkan dari beberapa kegiatan yang disimulasikan kepada tim penilai perlu dipertegas oleh lurah, sehingga Profil Kelurahan yang diaplikasikan lewat IT sangat mutlak ada untuk maju ke babak selanjutnya, yaitu untuk lomba Desa ke Tingkat nasional. Katagori yang menonjol adalah ada pemerintahannya, pemberdayaannya dan fasilitasnya. Lebih lanjut bayu mengatakan profil sangat diperlukan karena bisa digunakan untuk perencanaan maupun untuk evaluasi.

Dari awal hingga akhir Penilaian Lomba Desa turut dalam kegiatan tersebut adalah adanya pendampingan dari Ketua Tim penggerak PKK Kota Yogyakarta Anna Haryadi Suyuti yang menambah semangat partisipasi warga masyarakat serta Camat Tergalrejo, Drs. Maryustion Tonang, MM beserta jajarannya. (teb)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: