02 Des 2010
  Humas Berita,

Profil Sektoral Pendidikan

 

Profil pendidikan yang tersaji di tautan ini merupakan sebagian gambaran tentang keadaan pendidikan di DI Yogyakarta, dengan berbagai hubungan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti keadaan penduduk, sosial budaya, maupun ekonomi pada suatu periode tertentu. Secara lengkap profil ini telah disajikan dalam buku "Profil Pendidikan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2009/2010" yang diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi DIY Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga. Buku ini menyajikan keadaan seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah di daerah, dengan berbagai jenis data dan informasi yang cukup lengkap dan akurat.

Di dalam profil pendidikan itu dibahas masalah-masalah pendidikan dalam konteks yang lebih luas sampai dengan faktor-faktor yang berada di luar bidang pendidikan. Profil pendidikan menggunakan pendekatan integral, yang tidak semata-mata ditinjau dari aspek belajar-mengajar tetapi juga dari aspek lain di luar pendidikan yang dianggap banyak berpengaruh terhadap keberhasilan program kependidikan.

Pendekatan di atas dilakukan karena masalah-masalah yang bersifat kompleks, sering kali tidak mampu secara sendirian dipecahkan melalui pendekatan pedagogis, yang mana dibutuhkan gambaran menyeluruh terhadap permasalahan yang muncul dan penyebabnya. Gambaran menyeluruh tersebut diperlukan berbagai pihak yang berkepentingan dan peduli dengan pembangunan pendidikan di daerah.

Bagaimana kualitas berita ini: