02 Des 2010
  Humas Profil Daerah,

Profil Sektoral Pertanian

 

  1. Tanaman Pangan

Tanaman pangan meliputi komoditas padi, palawija serta holtikultura. Tanaman palawija terdiri dari komoditas jagung, ketela pohon, ketela rambat, kacang

tanah, kacang kedelai serta kacang hijau. Adapun holtikultura terdiri dari komoditas sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias.

  1. Perkebunan

    Dari segi produksi, tanaman perkebunan yang cukup potensial di DIY adalah kelapa dan tebu. Pada tahun 2007 produksi masing-masing komoditas mencapai 58.891 ton (naik 6,85 persen) dan 15.785 ton (naik 27,51 persen)

  2. Kehutanan

    DIY memiliki kawasan hutan yang terkonsentrasi di kabupaten Gunungkidul seluas 79,59 persen dari keseluruhan 18.710 ha. Sebagian besar dari kawasan hutan tersebut merupakan hutan produksi, hutan lindung dan hutan konversi.

  3. Peternakan

    Populasi ternakdi DIY yang dominan adalah kambing, sapi dan domba. Adapun populasi unggas nya adalah ayam kampung, ayam pedaging dan itik.

  4. Perikanan

    Data perikanan tahun 2007 di DIY mencatat bahwa produksi perikanan mencapai 15.007,7 ton. Sebagian besar dari total produksi perikanan tersebut merupakan hasil budidaya perikanan darat dan selebihnya adalah hasil perikanan laut.

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: