29 Okt 2023
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

Ribuan Pelari Menyusuri Warisan Budaya Dunia

Yogyakarta, 29 Oktober 2023 – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi tamu kehormatan untuk melepas para pelari BPD DIY Malioboro Run 2023 kategori 5K pada Minggu (29/10/2023) pagi.
Dalam kesempatan tersebut Sri Sultan didampingi oleh Dirut BPD DIY beserta jajarannya. Sebelumnya, pada pukul 05.15 WIB Sekda DIY Beny Suharsono juga berkesempatan melakukan flag off untuk pelari kategori half marathon atau 21K.
“Saudaraku-saudaraku terima kasih kehadirannya di Jogjakarta, bagi mereka yang datang dari luar Jogja. Hati-hati dijalan larinya, jaga kesehatan. Sampai bertemu di finish nanti,” kata Sri Sultan menyapa para runners sebelum melakukan flag off.
Ajang lari yang diselenggarakan oleh Bank BPD DIY ini melibatkan 3.500 peserta pada masing-masing kategori yakni 300 peserta pada Half Marathon (21K), 1.250 peserta pada kategori 10K, 1.850 peserta pada kategori 5K dan 100 peserta pada kategori Kid Dash.

Para peserta Malioboro Run 2023 berkesempatan melalui rute landmark ikonik di Kota Yogyakarta seperti Malioboro, Tugu Jogja, Benteng Vredeburg dan tempat bersejarah lainnya. Hal ini sesuai dengan konsep yang diusung yaitu Running With Memories of Jogja yang diharapkan dapat memberikan kenangan berkesan tentang Yogyakarta bagi runners.
Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk menyusuri Sumbu Filosofis Yogyakarta atau The Cosmological Axis of Yogyakarta yaitu sebuah konsep tata ruang mahakarya dari Sri Sultan HB 1 yang telah disahkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Sumbu imajiner ini membentang lurus dari Panggung Krapyak disisi selatan dan Tugu Yogyakarta (Tugu Golong-Gilig) disisi utaradengan Keraton Yogyakarta sebagai titik pusatnya.
Sebelumnya pada Sabtu (28/10/2023) di Jogja City Mall, Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa gelaran lomba lari Malioboro Run digagas untuk mendukung sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui sport-tourism. Apalagi 60 persen dari jumlah pelari atau 2.100 diantaranya berasal dari luar Jogja.


“Kami melihat animo masyarakat pada olahraga lari saat ini sangat tinggi, untuk itu kami mencoba untuk mewadahinya dengan menggelar lomba lari di jantung kota Yogyakarta dengan harapan dapat memberikan kesan kepada peserta sehingga ingin terus kembali ke Jogja” ungkapnya
Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa melalui Malioboro Run 2023, Bank BPD DIY berharap mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah, dalam hal ini khususnya melalui sport-tourism dan literasi/inklusi keuangan terkait transaksi non-tunai (QRIS) pada saat registrasi peserta. Selain itu, Bank BPD DIY juga berupaya turut mengenalkan potensi wisata, sejarah dan budaya Yogyakarta kepada masyarakat luas. Gelaran yang menyediakan hadiah uang tunai total Rp.104,75 juta untuk para juara pada masing-masing kategori ini juga dimeriahkan dengan kehadiran Melanie Putria dan Gisela Anastasia yang ikut menjadi runners. (Rcd, Imy, Dl)

Humas Pemda DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: