19 Apr 2024

Safari Syawalan Jadi Momentum Saling Islah

Yogyakarta (19/04/2024) jogjaprov.go.id - Idulfitri bukan sekadar euforia untuk merayakan kemenangan dan kegembiraan setelah menjalani puasa sebulan penuh. Tetapi juga sebagai momentum untuk saling tabayyun dan saling mendekat membangun islah.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara Safari Syawalan di Pemerintah Kota Yogyakarta pada Jumat (19/04). Bertempat di Graha Pandawa Balaikota, Sri Sultan hadir didampingi Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X beserta GKBRAA Paku Alam.

Sri Sultan menyampaikan, Safari Syawalan ini menjadi lebih bermakna karena menjadi Syawalan tatap muka pertama setelah beberapa tahun lalu pandemi Covid-19. Hal ini juga menandai lembar kehidupan baru dengan komitmen kuat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Mari kita kembali kepada jati diri kemanusiaan, menjadi makhluk yang sadar kedudukannya sebagai ciptaan Sang Khaliq. Menjadi manusia yang membawa manfaat bagi sesama dengan terus berlomba-lomba dalam kebaikan”, ungkap Sri Sultan.

Di tengah perbedaan dan keberagaman yang ada, Sri Sultan pun mengingatkan agar untuk dapat meningkatkan toleransi, saling menghargai dan menghormati serta mempererat tali silaturahmi antar sesama. Sehingga mampu menjadi energi kebersamaan dalam membangun peradaban yang lebih bermartabat.

Pj. Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan sangat senang dan merasa terhormat, karena Pemkot Yogyakarta mendapat giliran pertama dalam Safari Syawalan ini. Mengingat Safari Syawalan ini akan dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di DIY.

“Alhamdulillah Pemerintah Kota Yogyakarta mendapatkan giliran pertama untuk silahturahmi syawalan bersama Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Saya mewakili atas nama Pemkot Yogyakarta sangat senang dan itu menjadi suatu kehormatan” kata Singgih.

Safari Syawalan ini dihadiri oleh kurang lebih 500 tamu undangan. Turut hadir pula Sekretaris Daerah DIY Benny Suharsono, Asisten Setda DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Sugeng Purwanto, Paniradya Pati Keistimewaan Aris Eko Nugroho, serta Plt. Kepala Bappeda DIY Tri Saktiyana dan seluruh jajaran Forkopimda Kota Yogyakarta. (ham/rd/ip/yd/wpt/tf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: