13 Mar 2021

Sekda DIY-Baznas Serahkan Bantuan 23 Bilik Pengungsian

Sleman (13/03/2021) jogjaprov.go.id - Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji menyerahkan bantuan 23 unit bilik pengungsian Merapi dan bantuan logistik kepada Pemerintah Kabupaten Sleman di Barak Pengungsian Purwobinangun, Pakem, Sleman, Sabtu (13/03).

Bantuan ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah Kabupaten Sleman dalam mengantisipasi adanya bencana erupsi. Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman erupsi Merapi tahun 2010, pemerintah belum cukup siap sehingga korban jiwa tidak dapat dihindari.

"Kita berharap, bilik ini tidak sampai digunakan karena kita berharap kondisi terkendali. Namun, bencana bisa datang kapan saja, sehingga perlu tindakan antisipasi,"ujarnya.

Ia menambahkan dengan kondisi pandemi seperti saat ini, jika terjadi erupsi Merapi, bantuan yang diterima tidak akan sama seperti saat kondisi normal. Saat ini, hampir di seluruh penjuru dunia sedang dihadapkan pada kondisi pandemi yang berpengaruh pada kondisi ekonomi.

"Artinya, sama-sama sulit. Pembiayaan terbatas. Oleh karena itu, kita harus menabung seperti ini untuk mempersiapkan diri," imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi Baznas yang dalam menghimpun dan menyalurkan zakat dari masyarakat. Meski kondisi pandemi, selama Januari hingga Maret tahun ini justru terjadi peningkatan penghimpunan zakat dari masyarakat jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ia berharap erupsi Merapi tidak meluas sehingga bisa menjadi tempat tujuan wisata dan mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Hardo Kiswoyo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bilik pengungsian sangat diperlukan terlebih pada masa pandemi.

"Saya berharap sinergi ini terus berlanjut baik dalam pemenuhan sarpras pengungsian maaupun logistik," ujarnya.

Kepala Baznas DIY Mukhlas menjelaskan Baznas DIY melalui relawan kebencanaan Baznas tanggap bencana turut berkontribusi dalam aksi sosial kemanusiaan. Salah satunya, lewat giat aksi respon bencana Merapi. Sebelumnya, selain Purwobinangun, bantuan logistik juga telah disampaikan ke barak pengungsian di Gayam, Glagaharjo.

Lewat kegiatan ini, lanjutnya, bantuan Pemda melalui Baznas mampu menjadi penopang barak yang sudah ada. Bilik yang dibangun merupakan tindak lanjut dari kebutuhan BPBD yang diakomodasi Baznas. (in)

Bagaimana kualitas berita ini: