01 Mei 2018
  Humas Berita,

Serikat Pekerja Perlu Terus Jaga Kemitraan Bersama

Yogyakarta (01/05/2018) jogjaprov.go.id - Era globalisasi dinilai mampu memberikan peluang sekaligus masalah kepada semua orang, tergantung dari antisipasi yang disiapkan dan dilaksanakan. Untuk itu, sebagai mitra kerja perusahaan, Serikat Pekerja diharapkan dapat mengubah paradigma dan pandangannya.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY dalam kegiatan Peringatan Hari Buruh Nasional DIY. Berlokasi di Balai Kota Yogyakarta pada Selasa (01/05) pagi, Sri Paduka mengatakan, globalisasi memberi peluang dalam arti kesempatan kerja bagi sumber daya manusia (SDM) maupun peluang bisnis.

"Baik SDM maupun dunia usaha atau bisnis benar-benar mampu memanfaatkan sekecil apapun peluang yang ada. Karenanya Serikat Pekerja perlu mewujudkan sikap antisipatif dan saling percaya dalam upaya mewujudkan hubungan kerja yang harmonis, dengan kondisi sehat, produktif dan kompetitif," paparnya.

Sri Paduka pun menuturkan, Serikat Pekerja diharapkan mempunyai peran untuk memperhatikan peningkatan kesejahteraan anggota dan pekerja di perusahaan. Selain itu, Serikat Pekerja juga harus dapat bersosialisasi dalam membangun hubungan kemitraan antara Serikat Pekerja dengan pihak manajemen.

“Kemitraan berdasarkan komitmen pekerja dan pengusaha tujuannya tentu untuk kemajuan usaha dan mewujudkan kesejahteraan pekerja. Hal ini juga bisa menjadi media pembelajaran untuk peningkatan kualitas SDM, serta sebagai basis kontribusi pengusaha dan pekerja untuk kemajuan ekonomi, kesempatan kerja dan bagi pembangunan bangsa,” imbuhnya.

Menutup sambutan, Sri Paduka mengungkapkan harapannya agar rangkaian momentum Hari Buruh ini dapat menjadi sarana membangun kebersamaan antar pelaku hubungan industrial untuk lebih harmonis. Selain itu, peringatan ini juga menjadi momentum perjuangan kaum buruh dalam menuntut haknya demi meningkatkan taraf kualitas hidupnya, sekaligus guna menjalin kerja sama yang lebih baik antar buruh, pemerintah dan pengusaha.

Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heru Purwadi, MA mengatakan, dunia bisnis ke depan tidak bisa lepas dari kebersamaan dan berbagi. Oleh karena itu, momentum Hari Buruh Nasional bisa menjadi ajang untuk saling berbagi dan terus mengupayakan meningkatkan profesionalisme.

“Dengan begitu kita bisa bersama-sama maju. Para pekerjanya maju, pengusaha maju, dan pemerintah serta masyarakat secara keseluruhan juga ikut maju. Kami berharap kegiatan seperti ini juga bisa terus mendorong kita meningkatkan kualitas untuk maju bersama-sama,” imbuhnya.

Pada rangkaian acara pada Peringatan Hari Buruh Nasional kali ini, diselenggarakan pula kegiatan senam bersama, lomba gerak jalan beregu dan bakti sosial donor darah. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: