11 Feb 2022
  Humas Berita,

Sertijab Komandan Baru, Lanud Adisutjipto Berubah Demi Kemajuan

Yogyakarta (11/02/2022) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, bersama GKBRAyA Paku Alam menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adisutjipto di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (11/02). Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022, jabatan diserahterimakan dari Marsekal Pertama (Marsma) TNI M. Yani Amirullah kepada Marsma TNI Azhar Aditama D.

Upacara dipimpin oleh Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau), Marsekal Muda (Marsda) TNI Nanang Santoso, sebagai Inspektur Upacara.
Pada sambutannya, Marsda TNI Nanang Santoso menegaskan peran penting Lanud Adisutjipto dalam menyiapkan sumber daya TNI AU yang unggul dan siap operasional.

“Tugas yang diamanahkan kepada Lanud Adisutjipto adalah melakukan perubahan ke arah kemajuan yang lebih baik dari waktu ke waktu,” ujar Marsda TNI Nanang Santoso.

Sebagai Satuan Pelaksana Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU, Lanud Adisutjipto bertugas melaksanakan pembinaan dan pengoperasian pendidikan seluruh satuan dalam jajarannya, pembinaan kedirgantaraan, melaksanakan dukungan kegiatan operasi udara, serta melaksanakan fungsi-fungsi kewilayahan.

Perwujudan tugas-tugas tersebut didukung dengan peran krusial Danlanud untuk membentuk penerbang, navigator, serta mempertahankan operasional TNI AU di Lanud Adisutjipto, sehingga membutuhkan figur kepemimpinan dan keteladanan yang inspiratif.

Marsda TNI Nanang Santoso berharap kepada Danlanud baru, Marsma TNI Azhar Aditama, agar mampu membangun program yang berhubungan dengan pengawasan, pengembangan prosedur, serta penyempurnaan petunjuk keselamatan terbang dan kerja. Program ini menjadi upaya pencegahan terjadinya kecelakaan terbang dan kerja guna mempertahankan kondisi zero accident.

“Saya yakin dan percaya, berbekal pengalaman penugasan sebelumnya yang Marsekal miliki, mampu melaksanakan semua tugas-tugas yang dibebankan kepada Lanud Adisutjipto dengan baik,” imbuhnya. Apresiasi dan ucapan terima juga disampaikan kepada Marsma TNI M. Yani Amirullah yang telah melaksanakan tugasnya sebagai Komandan Lanud Adisutjipto dengan baik.

Upacara ini juga menjadi momen Sertijab Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 2/Gabungan II Lanud Adisutjipto. Marsda TNI Nanang Santoso berharap Ketua baru, Niken Azhar Aditama, mampu mendampingi sang suami menempuh tugas barunya sekaligus memajukan organisasi PIA Ardhya Garini.

Usai upacara, Marsma TNI Azhar Aditama memohon dukungan kepada seluruh pihak, termasuk masyarakat Yogyakarta, dalam pengabdiannya menjalankan tugas sebagai Danlanud.

“Merupakan sebuah anugerah, penghargaan yang luar biasa bagi kami diberikan kesempatan untuk kembali ke Jogjakarta untuk mengabdi di tempat yang baru sebagai Danlanud. Inshaa Allah, kita bisa berkolaborasi bersama, bekerja sama, untuk meningkatkan kinerja dan tugas pokok yang telah diamanahkan,” tutupnya. (Ra)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: