27 Nov 2022

Sibakul Sport Fest 2022 Jadi Ruang Kolaborasi

Yogyakarta (27/11/2022) jogjaprov.go.id –  Dinas Koperasi dan UKM DIY menyelenggarakan perlombaan lari dengan tajuk Sibakul Sport Fest di Stadion Kridosono, Yogyakarta,  Minggu (27/11). Gelaran ini merupakan sebuah wadah untuk memberikan ruang luas yang memadukan antara lomba lari dengan pameran UMKM.

Sekretaris Daerah DIY Raden Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui setelah mengikuti perlombaan lari mengatakan, Sibakul Sport Fest dapat sarana dalam rangka untuk memasarkan UMKM yang ada di DIY. “Saya berharap kegiatan ini akan membawa manfaat kepada UMKM semakin banyak dikenal dan akan kelarisan,” tegas Aji.

Sibakul Sport Fest yang pertama kalinya diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM DIY ini mendapat antusiasme masyarakat yang tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang terlibat. Tercatat sebanyak 1.350 peserta berpartisipasi pada gelaran ini, baik warga lokal Yogyakarta maupun luar daerah.

“Diwadahi dengan perlombaan lari 5K dan 10K, peserta akan berbondong – bondong menyaksikan pameran UMKM yang ada di dalam Lapangan Kridosono. Sehingga dengan demikian masyarakat akan semakin mengenal produk–produk UMKM di DIY,” imbuh Aji. 

Terdapat dua kategori lomba lari Sibakul Sport Fest 2022 yakni dengan jarak lari 5 kilometer dan 10 kilometer yang dilombakan dalam beragam kategori. Flag off dilakukan pukul 05.45 WIB untuk kategori 10K dan pukul 06.00 WIB untuk kategori 5K. Sibakul Sport Fest merupakan gelaran yang didukung oleh Dana Keistimewaan DIY dan berkolaborasi bersama SRC serta BPD DIY. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, adanya gelaran Sibakul Sport Fest sebagai ajang perlombaan lari ini diharapkan memberi dampak ekonomi melalui pameran UMKM. Menurutnya, gelaran ini juga akan memberikan ruang UMKM untuk bertemu dengan masyarakat. 

“Ruang kolaborasi UMKM dan masyarakat untuk gumregah bangkit bersama seperti apa yang dimanifestasikan di gelaran ini,” tegas Siwi.

Siwi menuturkan, gelaran yang sukses dilaksanakan dengan didukung dari antusiasme masyarakat yang tinggi ini juga akan menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan keberlanjutan Sibakul Sport Fest selanjutnya. “Kita akan evaluasi, kalau ini sukses pastinya akan berlanjut,” terang Siwi. 

Pada kegiatan ini hadir pula Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho, Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad, serta tamu VIP lainnya. Para pelaku UMKM yang terlibat juga tampak sangat antusias, karena UMKM yang berada di Sibakul Sport Fest ini disesuaikan dengan pasar yang ada. UMKM ditampilkan pada gelaran ini ditentukan dengan melihat target siapa saja yang akan datang menjadi faktor penentu keberadaan UMKM. 

Sibakul Sport Fest 2022 diharapkan dapat meningkatkan potensi UMKM melalui agenda olahraga yang terkemas dengan baik dalam bentuk trend positif guna memupuk gaya hidup sehat masyarakat. Para runners juga dapat menikmati hiburan–hiburan yang telah disiapkan, yakni Gunungan, Jathilan, Bravesboy, Awarding, dan puncaknya suguhan penampilan dari penyanyi Nella Karisma. (lt//Rt/ih)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: