10 Sep 2023

SiBakul Sport Fest 2023, Lari Sembari Nglarisi UMKM

Yogyakarta (10/09/2023) jogjaprov.go.id- Setidaknya 3.500 pelari mengikuti puncak acara SiBakul Sport Fest 2023 di Lapangan Parkir Barat Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Minggu pagi (10/09/2023). Gelaran SiBakul Sport Fest ini sukses memadukan sport tourism atau wisata olahraga khususnya lari dengan UMKM Jogja Istimewa naik kelas dan dikenal luas.

Sekda DIY Beny Suharsono melepas peserta sekaligus ikut serta dalam SiBakul Sport Fest 2023 bertema ‘Nyawiji Greget Sengguh Ora Mingkuh ‘ tersebut. Pada SiBakul Sport Fest kali ini, para peserta diajak melintasi jalur sumbu filosofi dan kawasan ikonik Yogyakarta ini.

“Selamat kepada seluruh peserta lomba lari SiBakul Sport Fest 2023. Semoga sukses mencapai garis finish,” kata Beny sembari melepas peserta.

Turut hadir mendampingi Sekda DIY yaitu Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso , Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, Kepala OJK DIY Parjiman, Direktur Pemasaran PT Bank BPD DIY R Agus Trimurjanto , Wakil Ketua Umum Kadin DIY Wawan Harmawan dan stakeholder lainnya di DIY. Tampak pula sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY ikut berpartisipasi ikut berlari bersama peserta SiBakul Sport Fest 2023.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan pelaksanaan SiBakul Sport Fest 2023 ini bertepatan dengan peringatan 11 tahun Undang-Undang Keistimewaan (UUK) DIY. Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan event SiBakul Sport Fest dengan lebih meriah dan melibatkan berbagai komunitas yang ada di DIY dan berbagai wilayah Indonesia selama 9 hingga 10 September 2023.

"Kami begitu bersyukur SiBakul Sport Fest bisa dilaksanakan kembali tahun ini setelah sukses terselenggara pada 2022 lalu. Kami sangat bahagia, antusiasme teman-teman peserta dan rencang SiBakul ternyata begitu luar biasa. Energi positif ini menyemangati kami untuk kembali dengan semakin besar dan meriah tahun 2023 ini," ujarnya.

Siwi menyampaikan jumlah peserta yang bergabung mengikuti SiBakul Sport Fest 2023 mencapai 3500 peserta naik dari tahun sebelumnya sebanyak 1.500 pelari. Peserta lomba lari 5 dan 10 kilometer ini (5K dan 10K) mendapatkan berbagai benefit karena disupport Dana Keistimewaan. Rute yang dilalui adalah sumbu filosofi DIY dan lokasi-lokasi ikonik nan apik.

"Perpaduan asyik dan lebih menarik untuk siapa saja yang hadir ke Stadion Mandala Krida. Kami harapkan sport tourism menarik ini bisa membawa UMKM Jogja Istimewa naik kelas. Bahwa produk-produk kita sangat luar biasa dan bisa berbicara di segmentasi yang lebih luas lagi. Jadi berlari sekaligus nglarisi produk-produk UMKM Istimewa," tegasnya

Dalam gelaran SiBakul Sport Fest 2023, Siwi mengatakan terdapat berbagai aktivasi kegiatan dengan arah mengenalkan 100 UMKM istimewa di Mandala Krida. Pada hari pertama, Sabtu (09/09/2023) digelar perlombaan inline skate yang diikuti lebih dari 500 peserta dari klub-klub seluruh Indonesia.

“Ada pula event story telling dan lomba E-Sport Mobile Legend dengan peserta lebih dari 500 orang. Perlombaan ini diikuti berbagai komunitas pecinta game dari kampus dan sekolah di DIY,” imbuhnya.

Kemudian Minggu (10/09/2023), Siwi mengatakan gelaran berlangsung lebih meriah dengan total 3.500 pelari ikut dalam SiBakul Sport Fest 10K dan 5K melintasi jalur sumbu filosofi. Tak hanya itu, pagi hari usai peserta lari diberangkatkan dari Mandala Krida, diadakan pula Aero Fun bersama tiga instruktur berpengalaman yakni Agus Bahar, Mayasari dan Endah Tan.

"Jadi, siapa saja yang ingin hadir, misalnya tidak mendapatkan slot lari karena kemarin sangat luar biasa animonya, bisa ikut Aero Fun di Mandala Krida, mulai pukul 06.00 dengan berbagai door prize menarik termasuk voucher belanja UMKM," imbuh Siwi.

Juara pertama Sibakul Sport Fest berhasil diraih Nugroho asal Magelang yang finis pertama dan menorehkan catatan waktu terbaik dengan durasi 33 menit 59 detik. Ini kedua kalinya Nugroho menjadi juara pertama da ajang serupa. "Kesannya tahun ini lebih meriah sekali dibandingkan tahun lalu. Saya liat ini banyak stand UMKM yang mendukung acara ini. Harapannya agar lebih dan hadiahnya lebih besar lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho yang membuka gelaran, Sabtu (9/9/2023) menambahkan, event SiBakul Sport Fest 2023 menjadi sesuatu hal yang menarik dan terus disempurnakan dari waktu ke waktu. Pihaknya berharap ada masukan dari masyarakat untuk terus menyempurnakan apa yang dilaksanakan Pemda DIY yang diamanatkan negara memiliki UUK.

"Tahun ini sudah tahun ke-11 Undang-Undang Keistimewaan DIY. Sinergi yang baik seperti salah satunya SiBakul Sport Fest ini bisa terus digerakkan ke depan. Bagaimana komunitas bisa berkolaborasi dengan pelaku UMKM. Harapannya ini bisa meningkatkan perekonomian di DIY," paparnya.

Kepala Bidang Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan menambahkan bakal ada berbagai UMKM yang ada di acara dengan mayoritas food and beverage juga perlengkapan olahraga. Pihaknya menyesuaikan kesukaan komunitas yang ada di event SiBakul Sport Fest.

"Kami ingin memberikan ruang bagi teman-teman UMKM untuk tumbuh bersama komunitas. UMKM kita istimewa, punya berbagai produk unggulan yang oke, jadi harapannya semua orang yang hadir di SiBakul Sport Fest bisa lebih mengenal lalu kemudian mengenalkan lebih jauh," tandas Wisnu.

Sementara, Septiadi Pityanta dari Jorace Management sebagai pelaksana SiBakul Sport Fest menambahkan untuk hiburan pengunjung yang hadir, penyelenggara menyuguhkan penampilan artis seperti Ndarboy, Sasya Arkhanisa dan Hasoe Angel. Nantinya para peserta bisa bersuka ria sambil nglarisi produk-produk UMKM yang ada.

"Untuk jalur lari sangat menarik karena melewati sumbu filosofis dan kawasan ikonik Jogja. Kami juga sebelumnya memohon izin pengguna jalan apabila mengganggu saat puncak acara SiBakul Sport Fest berlangsung," imbuhnya. (Fn)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: