05 Feb 2022

Sinergi Pemda DIY dan Kadin DIY Sejahterakan Masyarakat

Sleman (05/02/2022) jogjaprov.go.id - Sinergi Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY perlu ditingkatkan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, tiap pihak perlu konsisten untuk menjalankan perannya.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji dalam Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Kadin DIY pada Sabtu (05/02) di Hotel Hyatt Yogyakarta. Dikatakan Aji, Pemda DIY akan terus ikut meningkatkan diri dan memberdayakan diri untuk dapat semakin mendukung Kadin DIY dalam menjalankan perannya di masyarakat.

"Jika dibagi berdasarkan perannya, peran regulator dan fasilitator ada di Pemda DIY. Sementara peran eksekutor dan operator tentu menjadi peran Kadin DIY. Tapi saya berharap pada saatnya nanti Pemda DIY hanya berada di peran fasilitator, sedangkan peran regulator bisa dijalankan oleh Kadin DIY. Segala upaya yang dilakukan ke depannya tentu dalam rangka sama-sama memberdayakan peran masing-masing, saling mengisi, melengkapi dan bersinergi," paparnya.

Pada acara yang dihadiri pula oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Umum Setda DIY, Tri Saktiyana ini, Aji pun mengungkapkan, Kadin selama ini menjadi salah satu orgnaisasi yang diandalkan Pemda DIY untuk menurunkan angka-angka yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, seperti indeks gini atau tingkat ketimpangan pendapatan. Ia berharap Kadin DIY juga bisa ikut berperan memberdayakan masyarakat di luar keanggotaan Kadin DIY.

"Mari bersama kita mengurus yang bukan anggota Kadin agar bisa semakin sejahtera. Setidaknya masyarakat yang ada di sekitar Bapak/Ibu sekalian. Kalau anggota-anggota Kadin DIY menguasai kapital di DIY, tentu Pemda DIY berharap Kadin DIY bisa ikut berupaya menurunkan indeks gini di DIY," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin DIY, GKR Mangkubumi mengatakan, Kadin sebagai ruang pembinaan, komunikasi, konsultasi dan advokasi bagi para pengusaha Indonesia serta pemerintah, saat ini telah dan sedang bergerak dinamis melintasi zaman dengan segala tantangannya. Tantangan terbesar yang dihadapi semua pihak saat ini adalah pandemi CoViD-19.

"Dalam dinamika tersebut Kadin DIY sadar untuk senantiasa meningkatkan peran strategis dan pelayanannya. Salah satu bagian penting dalam siklus manajemen organisasi Kadin adalah momentum Rapimda Kadin DIY 2021. Kita akan bersama bangkit dan memulihkan kesehatan serta ekonomi masyarakat sesuai dengan semangat transformatif, inklusif dan kolaboratif," paparnya.

GKR Mangkubumi menambahkan, dalam momentum Rapimda kali ini, Kadin DIY berusaha untuk tidak hanya inward looking tetapi juga outward looking dalam keseimbangan perencanaan yang baik dan akuntabel program tahunan. Kadin DIY juga akan terus berusaha memberikan kontribusi pemikiran dan rekomendasi strategis untuk pemerintah dan Kadin Indonesia.

"Salah satu momentum penting pada Tahun 2022 ini adalah Presidensi G-20. Dalam kaitannya dengan hal ini, Kadin Indonesia juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan agenda B-20. Kami berharap Rapimda Kadin DIY 2021 ini bisa memberikan rekomendasi dan komitmen aksi yang konkret untuk memanfaatkan momentum tersebut sebaik-baiknya," imbuhnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: