20 Mei 2023
  Humas DIY Berita,

Sri Paduka Ajak Ikapelamaku Wujudkan Pluralisme

Yogyakarta (20/05/2023) jogjaprov.go.id - Pluralisme menjadi nyawa persatuan, kesatuan, kerukunan serta kedamaian bangsa dan negara. Menjadi generasi muda yang tidak meninggalkan budaya, namun tetap menjunjung tinggi persatuan dan kedamaian menjadi hal mutlak yang perlu diwujudkan.

Pesan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X pada perayaan Hari Pattimura ke 206 serta Pelantikan Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Maluku (Ikapelamaku), Sabtu (20/05) di Auditorium RRI, Jl. Affandi, Sleman. DIY memang dikenal sebagai mini Indonesia, dimana menjadi tempat berkumpulnya para pemuda se-Indonesia untuk menuntut ilmu. Maka menjadi plural adalah wajib dilakukan oleh baik masyarakat asli DIY maupun para pendatang.

"Sebagai bangsa yang majemuk dengan beraneka ragam suku, etnis, bahasa dan ras serta agama kita perlu meningkatkan toleransi dan rasa saling menghormati sehingga kerukunan dan stabilitas keamanan dapat terjaga," kata Sri Paduka.

Sri Paduka menekankan, sebagai tujuan pendidikan, DIY menjadi sarana pendidikan wawasan kebangsaan dan percepatan akulturasi budaya bagi generasi muda. Oleh karena itu Sri Paduka mengingatkan, agar para pelajar dan mahasiswa Maluku ini turut serta menjaga persatuan dan kesatuan. Menurutnya, para penuntut ilmu ini wàjib mengamati di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

"Saya berharap Ikapelamaku dapat menjadi wadah bagi pelajar dan mahasiswa Maluku yang ada di Yogyakarta untuk memperkuat pemahaman akan pluralisme. Semangat serta peran aktif pelajar dan mahasiswa Maluku yang menempuh studi di Yogyakarta semoga dapat menjadi modal berbaur dengan masyarakat serta bisa turut andil menciptakan kerukunan," ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Maluku periode 2023-2026. Ia berharap pengurus terlantik mampu melaksanakan program-program kerja dengan dedikasi tinggi dalam rangka memajukan organisasi.

Kepala Bappeda Maluku Anton Lailossa dalam kesempatan tersebut mengatakan, dilantiknya pengurus Ikapelamaku ini menjadi sarana untuk mewadahi putra-putri Maluku di tanah rantau. Organisasi ini harus tetap solid dan berkomitmen merajut persaudaraan antara sesama anak bangsa di DIY.

“Saya berharap semua pengurus dapat membangun semangat kebersamaan dengan komponen pemuda, pelajar dan mahasiswa lainnya di Yogyakarta sehingga dapat meningkatkan rasa toleransi dan saling hormat menghormati dalam semangat hidup bersaudara,” ujar Anton.

Anton juga mengungkapkan terima kasihnya atas perhatian segenap jajaran Pemda DIY yang selama ini telah memberikan ‘rumah’ dan rasa aman bagi putra-putri Maluku di DIY. Dirinya berharap dengan dukungan kekeluargaan dari DIY sebagai rumah tersebut akan mampu membuat seluruh komponen masyarakat Maluku yang ada di DIY dapat menghasilkan berbagai tugas dan tanggung jawab mereka dengan sebaik-baiknya.

Ketua Ikapelamaku yang baru saja dilantik, M. Hatta Tuasikal turut mengungkapkan syukurnya atas penerimaan DIY yang sangat hangat dan ramah. Ia mengaku bahwa saat ini telah menjadi warga DIY di bawah naungan Pemda DIY. Ia berkomitmen untuk memenuhi kewajiban sebagai warga yang baik di DIY sebagai wujud kecintaan terhadap tempat mereka menuntut ilmu.

“Apabila ada diantara kami mungkin ada yang kurang pas dalam melaksanakan hubungan dengan masyarakat lain di Yogyakarta, kami mohon untuk diingatkan. Kami ditegur saja. Insyaallah dan mudah-mudahan kami bisa melaksanakan apa yang menjadi harapan kita semua terutama untuk menjaga Daerah Istimewa Yogyakarta ini tetap produktif, tetap aman dan kita pun bisa melaksanakan tugas dan keseharian kita dengan aman,” tutupnya.  (uk/rd/tf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: