12 Feb 2024
  Administrator Berita,

Sri Sultan Benarkan Permintaan Jokowi Untuk Mediasi Pertemuan dengan Megawati

Yogyakarta (12/02/2024) jogjaprov.go.id - Baru-baru ini beredar kabar bahwa Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie menyebut, Presiden Joko Widodo meminta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono untuk menjembatani pertemuan dirinya dengan Negarawan Megawati Soekarno Putri. Sri Sultan menyebut, hal tersebut tidak salah.

Ditemui di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sri Sultan mengatakan, wacana pertemuan dengan Megawati ini adalah inisiatif Presiden Jokowi. Sri Sultan mengaku tidak akan menolak untuk menjembatani pertemuan tersebut, sesuai dengan apa yang diminta oleh Presiden Jokowi.

“"Betul (diminta menjembatani), tapi saya kan nunggu Presiden, kan saya akan menjembatani (tapi) ya terserah Presiden, itu aja. Kami menunggu, kalau memang Presiden memerlukan saya bersedia, kan hanya itu. Kalau nggak (jadi) ya nggak apa-apa, udah itu aja,” jelas Sri Sultan.

Meskipun tidak keberatan untuk menjadi jembatan atas pertemuan keduanya, Sri Sultan tetap memilih bersikap pasif dan menunggu lebih lanjut terhadap keputusan presiden. Sri Sultan mengatakan tidak akan menginisiasi pertemuan, tanpa diskusi lebih lanjut dengan Presiden RI. Tentunya pertemuan ini kembali lagi kepada Presiden RI, apakah masih memerlukan mediator atau bisa tanpa dimediasi. Sri Sultan menyebut, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan waktu yang diinginkan Presiden RI untuk bertemu dengan Megawati.

“Bukan saya yang ada inisiatif, yang ada inisiatif kan Bapak Presiden sendiri, ya terserah Bapak Presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega ya difasilitasi, kalau bisa ketemu sendiri ya syukur. Tapi kalau saya sifatnya pasif. Lah kalau presiden bilang tolong saya di antar misalnya gitu, kalau nggak ada ya berarti enggak,” tutup Sri Sultan. (uk)

Humas Pemda DIY

 

 

 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: