14 Feb 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan dan Sri Paduka Menunaikan Hak Suara pada Pemilu 2024

Yogyakarta (14/02/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X turut memberikan hak suara pada Pemilu 2024. Sri Sultan beserta sang istri, GKR Hemas, memberikan hak pilihnya pada Rabu (14/02) di TPS 12 Ndalem Tjokronegaran, Panembahan, Kraton Yogyakarta.

Di TPS 12 Ndalem Tjokronegaran ini, Sri Sultan menjadi pemilih pertama yang diikuti oleh sang istri. Gubernur DIY tersebut juga sempat menyaksikan proses pembukaan segel kertas suara yang nantinya akan dipilih oleh para pemilih di lingkungan TPS 12 tersebut. Seperti pemilih pada umumnya, Sri Sultan juga mengisi daftar hadir dengan menunjukkan KTP serta undangan dari KPPS. Proses pencoblosan yang dilakukan oleh Sri Sultan ini berlangsung sekitar lima menit.

Usai melakukan pencoblosan Sri Sultan meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik. Apa yang masyarakat pilih pada kesempatan ini akan menentukan nasib Indonesia 5 tahun kedepan. Karenanya Sri Sultan menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak golput.



“Saya menggunakan hak pilih saya untuk provinsi DIY dan saya punya harapan pada warga masyarakat di Yogyakarta, gunakanlah hak pilihnya dengan baik. Jangan Golput. Harapannya kita bisa menentukan pilihan untuk pemerintahan yang stabil paling sedikit pada waktu 5 tahun,” papar Sri Sultan.

Sri Sultan menyebut, apapun hasil dari Pemilu 2024 ini, suasana kondusif di DIY tetap terjaga dengan baik. Meskipun hasil dari Pemilu 2024 ini berbeda dari pilihan masing-masing individu, tetap kerukunan, keamanan, dan ketentraman menjadi yang utama. Sri Sultan menekankan, tidak boleh ada permasalahan dan gesekan yang timbul karena perbedaan pilihan.

“Setelah selesai (Pemilu) harapan saya permasalahan-permasalahan untuk selesai. Kita harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk menghargai pilihan masyarakat dan anak bangsa. Ini untuk menentukan pilihan, siapapun itu, untuk 5 tahun yang akan datang. Selamat untuk warga masyarakat yang melaksanakan kewajibannya memilih pemimpin lima tahun yang akan datang,” ungkap Sri Sultan.

Sementara itu, di lokasi yang lain, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X beserta sang istri, GKBRAA Paku Alam, juga turut memberikan hak suaranya. Sri Paduka memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 di beserta keluarga melakukan TPS 19 Gedung Donoworo, Puro Pakualaman. Sri Paduka seperti halnya Sri Sultan, juga menjadi pemilih pertama di TPS tersebut.

Usai memberikan hak suaranya, Sri Paduka menyampaikan harapan terhadap Pemilu 2024. Pemilu yang berjalan dengan lancar dan sukses menjadi harapan terbesarnya. Pun, seluruh petugas yang terlibat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 ini diberikan kesehatan dan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Saya berharap Pemilu ini berjalan dengan lancar dan sukses, serta para petugas diberikan kesehatan dan dapat melaksanakan pemilu ini dengan baik,” tutup Sri Paduka. (uk/ih/alh/wa/ip)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: