20 Apr 2024
  Humas DIY Pemda DIY,

Sri Sultan Dorong Riset Dan Pengembangan Teknologi Pertahanan Kemiliteran

Yogyakarta (20/04/2024) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjanto di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, pada Sabtu (20/04). Pada pertemuan yang merupakan bentuk silaturahmi dan audiensi ini turut hadir sejumlah petinggi TNI AU diantaranya adalah Dankodiklatau Marsdya TNI Arif Mustofa, Gubernur AAU Marsda TNI Purwoko Aji Prabowo, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto, S.E. beserta jajaran dari Mabes TNI AU.

Tujuan dari kunjungan ini tak lain adalah untuk bersilaturahmi sekaligus mengundang Sri Sultan untuk menghadiri acara puncak HUT Ke-78 TNI AU yang akan digelar esok Senin (22/04) di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

“Bapak KSAU mengharapkan kehadiran Gubernur DIY pada acara tersebut, tetapi Pak Gubernur ngendiko kalau sudah teragenda untuk acara Safari Syawalan bersama Bupati dan masyarakat Kulon Progo. Sehingga direncanakan yang akan menghadiri acara puncak HUT ke-78 TNI AU adalah Bapak Wakil Gubernur DIY,” ungkap Sekda DIY Benny Suharsono.

Lebih lanjut Benny menyampaikan, selama pertemuan terjadi dialog kebangsaan antara Gubernur DIY dengan KSAU, Dankodiklatau, Gubernur AAU serta Danlanud Adisutjipto. “Dialog nasional berbicara tentang bagaimana memantapkan generasi sekarang melalui pendidikan khususnya di AAU dengan doktrin kesejarahan yang benar. Itu sangatlah menarik. Termasuk membicarakan pengembangan potensi kedirgantaraan,” jelas Benny.

“Dialog kebangsaannya sangat luas dan bapak KSAU banyak mendengarkan dan menerima masukan dari Sri Sultan,” ucapnya.

“Beliau (Sri Sultan) ingin ada upaya menguatkan research pengembangan teknologi tentang pertahanan bidang kemiliteran. Dicontohkan, misalnya begini, kasus kejadian perang antara Rusia-Ukraina, mereka akhirnya perang teknologi. Kalau kita kan inginnya beli alat, bukan mengembangkan teknologinya. Nah, kalau alat, kapan pun akan terjadi ketertinggalan. Tetapi kalau pengembangan teknologi melalui research tidak ada ketertinggalannya. Atas pandangan yang diberikan oleh Ngarso Dalem, KSAU memberikan hormat kepada Sri Sultan,” tutupnya.

Turut mendampingi Gubernur DIY pada pertemuan ini, Sekda DIY Benny Suharsono dan Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Dewo Isnu Broto Imam Santoso. (Ft/Rcd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: