14 Apr 2022
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Raih Anugerah Adinata Syariah 2022

Jakarta (14/04/2022) jogjaprov.go.id - Sektor keuangan syariah telah berhasil menjaga pemberdayaan ekonomi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Pun dengan DIY yang turut mengembangkan perekonomian dan perbankan syariah pada masyarakat dengan hasil yang cukup memuaskan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meraih penghargaan Anugerah Adinata Syariah dari Infobank atas keberhasilan membangun sistem perekonomian syariah tersebut. Penghargaan diterimakan oleh Wagub DIY KGPAA Paku Alam X, Kamis (14/04) di Grand Ballroom Kampinski, Jakarta.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang hadir secara daring menyampaikan, saat ini Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi pusat halal dunia, salah satunya ditopang oleh sistem perbankan syariah. Tentu hal ini menurut Wapres Ma’ruf Amin bukanlah sesuatu yang mustahil mengingat jumlah umat Islam di Indonesia menjadi yang terbanyak di dunia. Halal menurut Wapres Ma’ruf Amin bukan hanya keimanan saja, namun juga terkait erat dengan kesehatan dan keamanan produk. Produk halal makin banyak diminati dunia, karena sudah terjamin kualitasnya terutama dari sisi medis.   

“Perekonomian syariah bisa mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat halal dunia melalui berbagai cara, misalnya membantu sertifikasi halal dan mencarikan peluang pasar sertifikasi halal yang disematkan akan mudah diterima oleh pasar baik domestik maupun global,” urai wapres Ma’ruf Amin.

“Saya mendorong partisipasi dan kontribusi daerah agar potensi aneka sektor unggulan yang ada di tiap-tiap daerah dapat masuk dalam rantai nilai global. Saya berharap peran kepala daerah terus maju mendukung pengembangan UMKM baik di kawasan industri maupun di luar kawasan pembangunan ekosistem ekspor, impor, digital, termasuk percepatan sertifikasi halal bagi produk-produk,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan selamat dan apresiasi bagi penerima Nugerah Adinata Syariah 2022 ini. Anugerah ini merupakan capaian yang bukan hanya harus dipertahankan tapi juga harus menjadi pemantik pagi para kepala daerah di berbagai penjuru Indonesia untuk turut pula mengembangkan ekonomi syariah.

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X pada kesempatan ini mengungkapkan, melihat kontribusi Sri Sultan dalam membangun keuangan syariah di DIY, tentu tidak heran apabila menerima penghargaan Anugerah Adinata Syariah tahun 2022 dari Infobank. Anugerah ini memang diberikan hanya kepada mereka yang telah terbukti berkontribusi nyata pada pembangunan ekonomi dan keuangan Syariah di daerahnya.

“Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku X telah berkontribusi nyata pada pembangunan ekonomi syariah di DIY, dan telah dirasakan keberhasilannya. Selamat kepada Ngarsa Dalem atas anugerah ini. Semoga dengan penghargaan ini mampu menjadi motivasi dan meningkatkan partisipasi para tokoh  untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan Syariah,” ungkap Sri Paduka pada acara yang juga dihadiri oleh para gubernur, pejabat kementerian negara, akademisi serta para juri yang memberikan penilaian. (uk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: