11 Apr 2023

Sri Sultan: Warga Jogja Jaga Rasa Aman dan Nyaman

Yogyakarta (11/04/2023) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat DIY untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan. Hal ini perlu agar keluarga dan masyarakat dari luar DIY yang nantinya datang saat Lebaran merasa diterima dengan baik.

Hal ini diungkapkan Sri Sultan usai menerima kunjungan Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan dan Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Puji Cahyono pada Selasa (11/04). Pertemuan ketiganya dilakukan tertutup di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Lebaran nanti akan banyak keluarga yang dari luar daerah datang ke Jogja untuk bersilaturahmi. Untuk itu saya berharapan supaya kita warga Jogja bisa menerima kehadiran mereka dengan baik. Dengan baik itu artinya mereka harus bisa merasa aman dan nyaman selama di Jogja, sehingga rasa aman dan nyaman itu bisa terus kita jaga,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan pun mengatakan, Pemda DIY dan Forkopimda akan segera menggelar rapat koordinasi guna membicarakan berbagai hal jelang Lebaran tahun ini, termasuk rencana rekayasa lalu lintas. Apalagi DIY menjadi daerah yang tidak hanya dikunjungi, tapi banyak juga masyarakat yang hanya melewati.

“Untuk traffic yang penting tidak crowded. Nanti bagaimana untuk yang hanya lewat, tidak usah lewat Jalan Solo, tapi Prambanan sudah bisa belok atau beloknya ke ringroad, lewat selatan atau lewat utara, jadi tidak harus masuk kota,” kata Sri Sultan.

Jika melihat Lebaran tahun-tahun sebelumnya, Sri Sultan berharap lalu lintas di Gunungkidul dan Kulon Progo betul-betul diatur. Hal ini karena jalan-jalan di dua kabupaten ini relatif lebih sempit, utamanya untuk kendaraan bus. “Mungkin jalur masuk dan keluar bisa dibuat berbeda. Tapi dengan pengalaman yang sudah sekian tahun, saya kira mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan,” imbuh Sri Sultan.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, kunjungannya kali ini bertemu Sri Sultan, selain silahturahmi, juga sekalian melaporkan kondisi keamanan di DIY dan kesiapan pengamaan jelang Lebaran. Menurutnya, pengamanan sendiri akan dilakukan Polda DIY mulai H-7 hingga H+7.

“Untuk situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat, perbandingan dari Oktober-Desember 2022 dengan triwulan sebelumnya, angka kriminalitas turun 12,36%. Selanjutnya, perbandingan dengan Januari-Maret 2023, angkanya turun lagi 36%. Ini artinya, telah terjadi peningkatan keamanan dan peran serta masyarakat,” paparnya.

Suwondo pun mengungkapkan, angka kecelakaan lalu lintas di DIY juga mengalami penurunan. Angka kecelakaan periode Oktober-Desember 2022 jika dibandingkan dengan Januari-Maret 2023, turun 18,48%. Hal ini menunjukkan ketertiban masyarakat semakin meningkat, sehingga ia berharap kondisi demikian benar-benar bisa dijaga terus.

“Bagi pengendara motor kami berharap selalu menggunakan helm walaupun jaraknya dekat atau hanya di sekitar lingkungan sendiri. Karena bagian yang vital itu tentu kepala, jadi kami imbau semua pihak untuk tetap menjaga diri dengan mengikuti tata tertib berlalu lintas,” imbuhnya. (Rt/Sd/Wa)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: