09 Mar 2018
  Humas Berita,

Terkesan, Dubes India Sarankan Kunjungi Yogyakarta

Yogyakarta (09/03/2018) jogjaprov.go.id - Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat melakukan kunjungan bersama keluarga ke Yogyakarta. Dalam kunjungan kali ini, Duta Besar India juga melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Jumat (09/03) pagi.

“Sebagai kota budaya, saya sangat terkesan dengan Yogyakarta. Karena itu saya bisa bilang, semua orang India harus mengunjungi Yogyakarta. Banyak juga yang mengatakan kalau datang ke Indonesia harus ke Yogyakarta, kalau belum mengunjungi Yogyakarta berarti belum mengunjungi Indonesia,” ungkap Duta Besar India di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta.

Duta Besar India mengatakan, banyak hal menarik di Yogyakarta, terutama karena kekayaan budayanya. Duta Besar India pun menilai tidak banyak kota di dunia seperti Yogyakarta, yakni kota yang punya dua situs warisan budaya sekaligus. Duta Besar India pun menilai Indonesia dan India memiliki hubungan sangat erat, terutama karena banyak kesamaan dan kemiripan terkait dengan budaya.

Duta Besar India mengakui, telah berdiskusi dengan Gubernur DIY terkait kemungkinan kerja sama antara India dan DIY. Kemungkinan kerja sama bahkan tidak hanya dalam bidang budaya dan pariwisata, tapi juga pendidikan dan pembangunan kapasitas dan ekonomi.

“Saya melihat ekonomi Indonesia saat ini terus berkembang dengan sangat cepat. Ini sama seperti India yang pertumbuhan ekonominya juga cepat. Selain itu, di Indonesia juga banyak anak-anak muda yang punya banyak potensi dan aspirasi seperti halnya India. Sehingga banyak potensi di Indonesia yang masih bisa dikembangkan,” jelas Duta Besar India.

Duta Besar India juga mengatakan merasa beruntung bisa bertemu dan mendapatkan perkenan atau restu dari Gubernur DIY untuk menjalin kerja sama dan hubungan yang lebih dekat antara DIY dan India, serta Indonesia dengan India.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pertemuan dengan Duta Besar kali ini termasuk membicarakan kemungkinan kerja sama. Untuk kerja sama dengan DIY, Gubernur DIY meminta kerja sama bisa dilakukan dalam bidang pendidikan.

“Untuk lembaga pendidikannya kan mereka bagus. Jadi tadi berjanji akan menyampaikan data-datanya. Nantinya kerja sama bisa berupa kursus, baik untuk pelajar maupun pegawai negeri. Saya kan butuh juga pelatihan bagi PNS kita,” imbuh Gubernur DIY. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: