22 Apr 2022
  Humas DIY Berita,

Ulang Tahun ke-11, Tribun Jogja Diharapkan Semakin Inspiratif dan Edukatif

Yogyakarta (22/04/2022) jogjaprov.go.id - Ulang tahun yang ke-11, Tribun Jogja diharapkan semakin inspiratif dan edukatif dalam menyajikan berbagai warta kepada masyarakat. Apresiasi yang setinggi-tingginya juga diberikan kepada Tribun Jogja atas kerjasama yang telah terjalin bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY hingga saat ini.

Hal ini disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menghadiri Talkshow Nasional dan Penerimaan Malam Apresiasi “Tribun Inspiring Award” 2022 bertempat di The Karaton Ballroom Lt. 8, Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Jumat (22/04). Kegiatan yang juga diselenggarakan secara virtual tersebut merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-11 Tribun Jogja & TribunJogja.com, surat kabar harian dan portal berita yang dikelola oleh Tribun Network Kompas Gramedia.

“Atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Tribun Inspiring Award tahun 2022 dan Talkshow Spirit Baru DIY-Jateng Sambut Era Endemi, dengan misinya untuk mengapresiasi prestasi dan inovasi pembangunan, serta sharing idea dalam membentuk tatanan masyarakat Indonesia yang sejahtera di era new normal endemi," tutur Sri Sultan.

Pada sambutannya, Sri Sultan menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2021, Tribun Jogja telah mempublikasikan 10.827 berita online tentang Pemerintah Daerah DIY dan 925 berita online dengan influencer Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah publikasi tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan media lainnya.

Sri Sultan selanjutnya mengajak Tribun Network Kompas Gramedia untuk mengoptimalkan kesepakatan bersama dengan Pemda DIY yang telah ditandatangani pada bulan Februari lalu, terutama dalam mewartakan informasi hasil pembangunan berbasis Keistimewaan DIY. Dikatakan Sri Sultan, narasi pemberitaan yang konstruktif dan positif akan meningkatkan “trust” dan optimisme masyarakat.

“Di sinilah proses “golong gilig” secara alamiah akan terbentuk, dan pada akhirnya pembangunan dapat dilaksanakan melalui konsep partisipatif-kolaboratif “Manunggaling warga lan pamong”. Sinergisitas ini juga-lah yang menjadi kunci keberhasilan dalam menyambut fase endemi Covid-19,” ujar Sri Sultan.

Selain itu, Sri Sultan menambahkan bahwa sampai saat ini, Pemda DIY terus melaksanakan upaya-upaya menuju era endemi Covid-19. Mulai dari bidang kesehatan, pelaksanaan vaksinasi booster terus digencarkan, bekerjasama dengan berbagai pihak potensial.

Berbagai sektor potensial juga mulai digerakkan, dimana salah satunya adalah sektor pariwisata. Menurut Sri Sultan, kunjungan wisatawan domestik yang saat ini mulai normal, diharapkan dapat menjadi pendongkrak sektor perekonomian.

“Satu hal yang perlu saya sampaikan, trend pariwisata telah mengalami perubahan. Perubahan ini tak lepas dari preferensi wisatawan pada fase “pranatan anyar”, di mana wisatawan lebih mengutamakan faktor higienitas, baik pada sisi akomodasi, tempat wisata, dan amenitas-nya,” jelas Sri Sultan.

Lebih lanjut, Sri Sultan menyebutkan, saat ini Pemda DIY telah mengupayakan promosi wisata yang bersifat inklusif. Hal tersebut berbasis “brain awareness” serta mendorong implementasi teknologi informasi, dengan memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi dan sistem reservasi Visiting Jogja.

Sri Sultan turut mengucapkan selamat dan sukses atas penghargaan yang diterima. Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam berkarya, memantik idea dalam setiap upaya, dan mengobarkan semangat dalam memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa dan negara.

Pada kesempatan ini, Talkshow Nasional bertema “Pariwisata Ekonomi Kreatif DIY-Jateng Menuju Era Endemi Covid-19” diselenggarakan terbagi dalam dua sesi. Bertindak selaku moderator yaitu News Director Tribun Network Febby Mahendra Putra, Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjadi keynote speaker pada sesi pertama talkshow yang bergabung secara virtual. Sementara sesi kedua dari Talkshow Nasional tersebut dilakukan bersama 11 Kepala Daerah DIY-Jateng atau yang mewakili.

Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, fokus Kemenparekraf adalah kebangkitan ekonomi. Pihaknya tidak hanya ingin membuka lapangan pekerjaan kembali tetapi juga ingin membuka peluang usaha untuk UMKM dengan digitalisasi. Sandiaga bersama pihaknya juga akan mendorong pariwisata untuk bangkit dan pulih beserta ekonomi kreatif sebagai lokomotif untuk diusung tatanan ekonomi baru.

"Dua tahun kita berjuang menyelamatkan jiwa masyarakat Indonesia melawan pandemi. Sekarang saatnya kita mulai menyusun tatanan ekonomi baru, bagaimana kita bisa mensejahterakan masyarakat, memulihkan kembali trajektori menuju Indonesia Maju yang mudah-mudahan bisa kita sampaikan dalam sebuah kolaborasi dan orkestrasi yang kolosal. Kita lihat ini pariwisata yang paling sulit karena kita terdampak pandemi ini sehingga kontraksinya yang paling dalam dari sektor lainnya,” terang Sandiaga.

Dikatakan Sandiaga, dalam relaksasi pasca pandemi dan menuju endemi ini, pihaknya memprediksi bahwa di waktu Lebaran tahun ini ada 85 juta penduduk yang akan mudik lebaran dan 60 juta lainnya akan mengunjungi tempat wisata di daerah. “Jadi seperti Borobudur, Teras Malioboro yang tadi baru saja ditata dengan begitu indahnya bisa mendapatkan limpahan kunjungan. Tapi tetap syaratnya kita harus terus terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," jelas Sandiaga.

Commercial Director Tribun Network Tjiptyantoro menyampaikan, Tribun Jogja adalah salah satu unit dalam Tribun Network di Indonesia. Tribun Network itu sendiri adalah bagian dari jaringan media, kelompok Kompas Gramedia.

Tjiptyantoro menyebutkan, hingga kini Tribun Network sudah hadir di 33 provinsi Indonesia. Pada bulan Juni mendatang, melalui terbitnya TribunPapuaBarat.com maka akan menggenapi kehadiran Tribun Network di 34 provinsi di Indonesia.

“Sehingga dengan itu maka kami sudah akan hadir di seluruh provinsi di Indonesia. Sampai nanti Juni, kami akan hadir di 34 provinsi dari Aceh sampai di Papua. Dengan demikian kami boleh bangga dan berkata kami sudah hadir di seluruh Indonesia. TribunPapuaBarat.com tersebut, merupakan portal yang ke 64, sedangkan di media cetak kami juga memiliki 24 media cetak yang tersebar di 20 provinsi, ” ucap Tjiptyantoro.

Dikatakan Tjiptyantoro, pemilihan tema Talkshow Nasional kali ini dilatarbelakangi oleh keyakinan pihaknya bahwa dalam dua tahun mengalami masa pandemic Covid-19 hingga kini mulai mengarah pada masa endemi, pasti terdapat banyak sekali perjuangan, inisiatif, kreativitas yang dilakukan oleh pimpinan daerah DIY-Jateng yang membuat pariwisata semakin tumbuh. “Sehingga oleh karena itulah pada hari ini kita menyelenggarakan Talkshow Nasional yang nanti berisi juga dengan “Tribun Inspiring Award”,” kata Tjiptyantoro.

Menurut Tjiptyantoro, penyelenggaraan “Tribun Inspiring Award” bermaksud memberi penghargaan kepada para pimpinan daerah yang sudah bekerja keras menyelenggarakan inovasi, agar pariwisata di daerah masing-masing tetap meningkat. “Sehingga layaklah keberhasilan para pimpinan daerah penyelenggara inovasi tersebut menjadi contoh atau pemicu bukan hanya di wilayah Yogyakarta dan Jateng tetapi juga di seluruh Indonesia,” terang Tjiptyantoro.

Adapun “Tribun Inspiring Award” 2022 menjadi acara puncak dalam kesempatan tersebut. “Tribun Inspiring Award” 2022 merupakan bentuk apresiasi Tribun Network Kompas Gramedia kepada Tokoh Daerah, Kepala Daerah, dan Pemerintah Daerah sesuai dengan pencapaian dan prestasi serta inovasi daerah masing-masing khususnya dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. “Tribun Inspiring Award” 2022 ini diberikan kepada 11 Kepala Daerah di DIY-Jawa Tengah yang terpilih atas prestasi, inovasi, kreativitas, kepeloporan di berbagai bidang di wilayahnya masing-masing.

Penilaian dari “Tribun Inspiring Award” 2022 ini dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari perwakilan redaksi Tribun Jogja, akademisi perguruan tinggi, serta instansi. Selain itu, dalam penjurian ini persyaratan yang ditetapkan sebagai kualifikasi penghargaan yakni antara lain inovasinya bersifat baru atau mengandung unsur kebaharuan; inovasinya memiliki manfaat terutama bagi masyarakat luas; inovasi yang dilakukan juga harus memiliki potensi direplikasi; dan inovasinya memiliki potensi yang berkelanjutan.

Sebelas Kepala Daerah DIY-Jawa Tengah penerima “Tribun Inspiring Award” 2022 tersebut di antaranya yakni Bupati Kab. Sleman, Kustini Sri Purnomo sebagai Pelopor Pengembangan Petani Milenial; Bupati Kab. Purworejo, Agus Bastian sebagai Pelopor Pengembangan Situs Heritage; Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sebagai Pelopor Penataan Pedestrian; dan Bupati Kab. Magelang, Zaenal Arifin sebagai Pelopor Program Jogo Tuk atau Komunitas Penyelamat Mata Air. Kemudian, Bupati Kab. Bantul, Abdul Halim Muslih sebagai Pelopor Resi Deswita atau Aplikasi Registrasi Destinasi Wisata dan Bupati Kab. Klaten Sri Mulyani sebagai Pelopor Revitalisasi Rawa Jombor.

Lebih lanjut, Bupati Kab. Gunungkidul, Sunaryanta sebagai Pelopor E-ticketing Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga; Bupati Kab. Temanggung, Muhammad Al Khadziq sebagai Pelopor Program Penghijauan Sabuk Gunung; dan Bupati Kab. Kulon Progo, Sutedjo sebagai Pelopor Sambanggo alias Sambang Kulon Progo. Berikut pula Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz sebagai Pelopor Layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan Bupati Kab. Wonosobo, Afif Nurhidayat, sebagai Pelopor Paket Lidi atau Paket Literasi Budi Pekerti.

Penghargaan yang diberikan kepada 11 Kepala Daerah DIY-Jawa Tengah tersebut diserahkan secara langsung oleh News Director Tribun Network Febby Mahendra Putra. Penghargaan berupa piala dan piagam.

Penghargaan Tertinggi untuk “Tribun Inspiring Award” 2022 juga diberikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan GKR Hemas. Penghargaan Tertinggi diberikan kepada ketiga tokoh utama daerah tersebut atas dedikasinya sebagai pelayan publik serta kepeloporannya di bidang yang berkepentingan dengan banyak orang dan sangat berperan terhadap kemajuan masyarakat DIY-Jateng. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Commercial Director Tribun Network Tjiptyantoro.

Di samping itu, penghargaan turut diberikan kepada dua instansi yakni Badan Otorita Borobudur dan PT. Pertamina Patraniaga. Penghargaan diserahkan oleh Pemimpin Redaksi Tribun Jogja Ribut Raharjo dan General Manager Business Tribun Jogja Danang Purwoko.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo mewakili GKR Hemas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atau yang mewakili, Direktur Utama Bank BPD DIY, Bupati dan Walikota DIY-Jateng atau yang mewakili, serta tamu undangan lainnya. (Han)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: