24 Jul 2021

Vaksinasi Bagi Pelaku Wisata Dan Ekonomi Kreatif

Yogyakarta (23/07/2021) jogjaprov.go.id – Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Bank Indonesia, Dinas Kesehatan DIY, GIPI DIY dan Jogja Bay menyelenggarakan kegiatan ‘Vaksin Wisata’ bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif DIY 2021. Kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan pada hari Jumat, 23 Juli 2021, bertempat di salah satu destinasi wisata di Sleman yakni Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Peserta dari kegiatan vaksinasi Covid-19 ini adalah 600 orang pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang merupakan anggota Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY dan pelaku dari berbagai usaha jasa pariwisata. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka optimalisasi vaksinasi massal Covid-19 kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY.

“Pada tahun 2020 kemarin kita sudah menyiapkan destinasi dengan berbagai macam kegiatan, antara lain dengan cara-cara bagaimana kemudian destinasi wisata siap dikunjungi dengan protokol kesehatan, baik itu dari SOPnya kemudian dari sarana prasarananya dan SDM-nya,” jelas Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed. dalam sambutannya.

“Nah, sekarang satu lagi yang kemudian kita akselerasi adalah penyiapan SDM dari sisi ketahanan dari sisi vaksinasinya. Vaksinasi ini sangat penting sekali karena sekarang ini kita tahu bahwa tren penularan covid semakin masif dan semakin cepat, sehingga kita harus betul-betul bisa membentengi sektor pelaku pariwisata ini dengan baik, satu-satunya selain prokes adalah vaksinasi,” lanjut Singgih.

Vaksinasi wisata ini sebagai upaya mempercepat capaian masyarakat yang tervaksin khususnya disektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang diharapkan mampu mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19.

Selain itu juga, vaksinasi wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di DIY hingga pada saatnya nanti dapat menyambut wisatawan dengan standar baru.

Dengan destinasi wisata dan pelaku pariwisata yang sudah siap, tentunya juga akan meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke DIY. Dikarenakan setelah masa pendemi ini, wisatawan akan cenderung mengunjungi destinasi yang benar-benar siap protokol kesehatan tempat dan pelaku wisata (CHSE) dengan pelaku pariwisata yang telah memenuhi standar kesehatan yang memadai salah satunya telah menerima vaksin.

Walaupun vaksinasi telah dilakukan namun semua pelaku usaha wisata diharuskan tetap  mematuhi protokol Kesehatan karena hanya dengan cara ini kita dapat saling membantu dan menjaga dalam  melewati tantangan di masa pendemi ini.

“Mari kita disiplin, kita terapkan protokol kesehatan,” ucap Singgih pada akhir sambutannya. (fk)

 

 HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: