18 Jun 2021

Wagub DIY Ingatkan Warga Jogja Pentingnya Edukasi dan Prokes

Yogyakarta (18/06/2021) Jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, menerima kunjungan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN DIY MV. Chinggih Widanarto, SE, M.Si. yang menjabat definitif sebagai Inspektur Wilayah 1 pada Inspektorat Utama BKKBN beserta jajarannya pada Jum’at (18/06) di Gedong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Wagub menyambut hangat kedatangan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN DIY beserta jajarannya yang bermaksud memperkenalkan diri dan melaporkan serta meminta arahan dalam rangka mempersiapkan puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2021 pada tanggal 29 Juni mendatang.

Pada kesempatan ini, Wagub memberikan arahan agar protokol kesehatan menjadi perhatian utama dalam menyelenggarakan kegiatan. Ia juga berpesan agar BKKBN terus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan OPD-OPD terkait, untuk lebih ditingkatkan sehingga warga Jogja benar-benar lebih teredukasi.

Chinggih, sapaan akrab Plt. Kepala Perwakilan BKKBN DIY pada audiensi hari ini menyampaikan rangkaian kegiatan baik yang sudah dilakukan maupun yang baru akan dilakukan dalam rangka Harganas ke-28.

Ada enam belas acara. Seperti pada tahun sebelumnya, BKKBN DIY akan menyelenggarakan pelayanan satu juta Akseptor dengan sasaran Pasangan Usia Subur (PUS) dan akan dilakukan  pada tanggal 24 Juni mendatang secara bersamaan di tiap kabupaten/kota di DIY.

“Di DIY ini, kami mendapatkan target akseptor kurang lebih sekitar sebelas ribuan yang tersebar diseluruh kabupaten/kota di DIY,” ungkapnya.

BKKBN DIY bekerjasama dengan OPD KB masing-masing kabupaten/kota, melakukan koordinasi untuk menentukan titik-titik mana yang akan menjadi pusat pelayanan dan akseptor-akseptor yang akan disiapkan. Untuk mencegah penularan Covid-19, diterapkan protokol kesehatan, BKKBN memfasilitasi  kepada seluruh aksepotor untuk melakukan proses rapid antigen.

Selain kegiatan pelayanan KB serentak untuk sejuta akseptor, BKKBN DIY juga menyelenggarakan lomba bikin konten video TIK TOK Edukatif terkait kesehatan reproduksi dengan sasaran remaja (10-24 tahun) pada 10 Mei – 20 Juni 2021, lomba Keluarga Teladan Tingkat Provinsi yang menyasar pada Pasangan Usia Subur (PUS) pada 7 Juni 2021.

Dan juga webinar series tentang kesehatan reproduksi ‘Bisakah KB Cegah Stunting’ dan ‘Suami Hebat untuk Keluarga Sehat’, Seminar rangkaian Hari Lanjut Usia ke-25 sekaligus rangkaian Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021, BKKBN bekerjasama dengan Bidang  Pelatihan dan Pengembangan, dan webinar tentang Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dengan target sasaran remaja, guru dan kader, serta mitra  kerja.

Sesuai rencana, Juara I tingkat provinsi lomba konten Video TIK TOK Edukatif akan dikirim ke BKKBN Pusat untuk maju ke lomba di tingkat nasional. Demikian pula untuk Juara I lomba Keluaraga Teladan akan dimajukan ke tingkat nasional. Adapun profil juara I tingkat provinsi yang berasal dari Kabupaten Sleman sudah terkirim ke pusat untuk maju ke tingkat nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Chinggih juga menyampaikan terkait kegiatan sebelumnya,  tentang pendataan keluarga. “Karena pendataan keluarga itu kan dalam rangka mikro berbasis keluarga yang nantinya diharapkan bisa jadi intervensi pemerintah merancang kegiatan utamanya pencegahan stunting,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, rencana pada tanggal 25 Juni 2021 BKKBN DIY akan melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan beberapa Kepala Sekolah SMP di DIY. PKS ini berkenaan dengan Fasilitasi Pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Tingkat SMP/MTs dalam rangka integrasi dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Tema yang diusung adalah ‘Sekolah KEREN Cegah Stunting’. (fk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: