23 Feb 2024
  Humas DIY Berita,

Wagub DIY Resmikan Gedung Laboratorium Terpadu UPN Veteran Yogyakarta

Yogyakarta (23/02/2024) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X meresmikan Gedung Laboratorium Riset Terpadu Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Jumat (23/02). Sri Paduka berharap, keberadaan gedung ini mampu mendukung kegiatan belajar mengajar dan mendorong riset yang semakin berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Sri Paduka, saat membacakan sambutan Gubernur DIY di Kampus UPN Veteran Yogyakarta. Sri Paduka mengatakan, perguruan tinggi harus mampu berperan mendorong lahirnya sumber daya manusia yang unggul, berkualitas dan berkarakter. Ini menjadi salah satu upaya untuk memujudkan Indonesia Emas 2045.

“Saya turut berbahagia dengan selesai dibangunnya Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta ini. Tentunya, ini menjadi langkah nyata dan komitmen UPN Veteran Yogyakarta untuk turut mendukung program pemerintah menuju Indonesia Emas 2045,” Ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka juga turut mengapresiasi terkait dengan diimplementasikannya smart campus dan smart building pada gedung ini. Dimana hal tersebut mendukung terciptanya kampus sehat dengan memperhatikan Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Semoga dengan adanya fasilitas ini, segenap civitas akademika dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan riset untuk turut berkontribusi memajukan pendidikan di tanah air,” harap Sri Paduka.

Rektor UPN Veteran Yogayakarta, Mohamad Irhas Effendi mengatakan, Laboratorium Riset Terpadu ini dibangun dengan Skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2023. Pembangunan gedung ini juga dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang canggih. 

“Setelah melalui seleksi yang cukup panjang, usulan Laboratorium Riset Terpadu ini akhirnya disetujui dengan tema “Laboratorium Riset bidang ilmu, teknologi kebumian, energi dan lingkungan dalam mendukung peningkatan kapasitas sumberdaya manusia, hilirisasi sumberdaya untuk mendukung Pemerintah dalam pembangunan industri migas dan minerba,” kata Irhas.

Irhas pun menyampaikan, Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPN Veteran Yogyakarta ini sudah siap untuk digunakan, setelah memakan waktu pembangunan hampir 1 tahun. Tak lupa, Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat selama proses pembangunan Gedung Laboratorium Terpadu ini. (ham/sd/jon/rd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: