13 Mar 2018
  Humas Berita,

Wakil Gubernur DIY Terima Delegasi Asian Infrastructure Investment Bank

Yogyakarta (13/03/2018) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima kunjungan kehormatan delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) pada Selasa (13/03) siang, di Bale Kenyo, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Kunjungan ini dipimpin oleh Christopher Legg dengan sejumlah delegasi yang terdiri Direktur Eksekutif AIIB.

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur DIY mengucapkan selamat datang kepada seluruh Jajaran Dewan Direktur Asia Infrastructure Investment Bank dan sekaligus menyampaikan rasa hormat juga bahagia atas kunjungan AIIB ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Kunjungan Jajaran Dewan Direktur Asia Infrastructure Investment Bank secara langsung ini dapat menjadi momentum yang baik dalam mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait prioritas dan tantangan pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya di DIY,” ucap Wagub.

KGPAA Paku Alam X menyebutkan, kunjungan AIIB sebagai upaya pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat. “Jika pembangunan hanya mengandalkan dana yang bersumber dari pemerintah, maka usaha menyediakan infrastruktur yang layak akan sulit diwujudkan, karena negara dan daerah menjadi semakin tidak kompetitif karena tidak mampu menyediakan infrastruktur secara memadai,” jelas Wakil Gubernur DIY.

Wakil Gubernur DIY juga menyampaikan, upaya melibatkan pihak swasta dalam berbagai proyek pemerintah dilandasi pemikiran bahwa pemenuhan infrastruktur publik memerlukan dana yang besar. “Sementara, kebutuhan infrastruktur terus meningkat, baik karena pertambahan penduduk maupun untuk penggantian infrastruktur lama yang telah usang,” tutur Paku Alam X.

Dalam kesempatan ini, Paku Alam X mengajak delegasi AIIB untuk berkunjung ke National Upgrading Slump Area di pinggiran sungai Karangwaru, Yogyakarta sebagai proyek revitalisasi kehidupan daerah kumuh. Selain itu, delegasi AIIB diminta berkunjung ke proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di regional Yogyakarta, Sleman, dan Bantul terkait penyediaan air bersih di kawasan ekonomi terpadu.

“Setelah ke Karangwaru dan proyek SPAM, silakan delegasi AIIB melewati beberapa kawasan pariwisata strategis di DIY. Ada pegunungan karst di Gunung kidul, Candi Prambanan, heritage building di Yogyakarta, kawasan pantai selatan, dan kawasan Merapi,” tutur Wagub.

Mengenai kunjungan ini, Rionald Silaban selaku Director of AIIB from Indonesia menyampaikan, kunjungan ini masih dalam tahap menjajaki tempat di National Upgrading Slump Area, Karangwaru dan proyek SPAM di regional Kartamantul.

Turut mendampingi dalam kunjungan AIBB ini Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ir. Suyata dan perwakilan Bappeda DIY. (rk)

 

Bagaimana kualitas berita ini: